Tak Sengaja Telan Biji Apel, Sebabkan Kematian?

Di Mitos atau Fakta 87 views

an apple a day keeps the doctor away” Siapa yang tidak kenal dengan pepatah bahasa Inggris umum asal Welsh di atas? Benar, kandungan nutrisi dan vitamin dari buah apel dipercaya sangat menyehatkan. Buah populer yang manis dan segar ini membuat apel menjadi buah favorit banyak orang.

Namun siapa sangka bahwa biji buah bergizi ini ternyata mengandung sianida? Memang kita bisa mengonsumsi daging buah apel, namun apa yang terjadi bila bij buah apel tidak sengaja tertelan? Bukankah sianida dapat membuat seseorang keracunan bahkan mengalami kematian?

 

Apakah Sianida Benar-Benar Berbahaya?

Tak Sengaja Telan Biji Apel dapat Menyebabkan Kematian

Istilah sianida mengacu pada bahan kimia yang mengandung ikatan karbon-nitrogen (CN). Banyak zat mengandung sianida, tapi tidak semua zat dengan kadungan sianida merupakan racun mematikan.

Natrium sianida (NaCN), potasium sianida (KCN), hidrogen sianida (HCN), dan sianogen klorida (CNCl) memang mematikan, namun terdapat juga ribuan senyawa yang disebut nitril mengandung gugus sianida dan tidak bersifat beracun.

Racun sianida membuat sel-sel tubuh tidak mampu menggunakan oksigen untuk bernafas maupun melakukan metabolisme. Di dalam racun ini ada suatu senyawa kimia yang disebut ion aianida, CN-, yang mampu mengikat atom besi dalam sitokrom C oksidase yang terdapat pada mitokondria sel.

Racun ini bertindak sebagai inhibitor enzim ireversibel atau mencegah sitokrom C oksidase yang ada di dalam sel mitokondria melakukan tugasnya, yaitu mengangkut oksigen menjadi pembawa energi. Tanpa kemampuan menggunakan oksigen, sel mitokondria tidak dapat menghasilkan pembawa energi. Padahal jaringan seperti sel otot jantung dan sel saraf membutuhkan pembawa energi ini.

Hal ini mengakibatkan sel mengalami apoptosis (kematian) dan berakhir pada gagal fungsi organ. Inilah yang seringkali membuat orang beranggapan bahwa sianida merupakan zat yang berbahaya.

Sebenarnya, banyak sekali produk sianida dalam nitril yang digunakan sebagai obat-obatan, seperti citalopram (celexa) dan simetidin (tagamet). Nitril tidak berbahaya karena mereka tidak mudah melepaskan ion CN, yang merupakan gugus yang bertindak sebagai racun metabolik.

 

Apa Saja Makanan yang Mengandung Sianida

Biji buah apel mengandung senyawa amigdalin, di mana zat ini akan melepaskan sianida dan gula ketika sudah kontak dengan enzim pencernaan manusia. Tidak hanya apel, biji buah lain seperti buah persik, plum, aprikot, dan almond juga mengandung amigdalin.

Dibanding pada biji apel, kandungan senyawa amigdalin ditemukan paling banyak pada biji buah aprikot dan persik. Perlu diketahui bahwa amigdalin merupakan racun glikosida yang akan diubah menjadi hidrogen sianida (HCN).

 

Apakah Tanpa Sengaja Menelan Biji Apel akan Mengakibatkan Kematian?

Biji apel dilapisi oleh lapisan pelindung yang kuat sehingga orang yang tak sengaja memakan biji apel tidak akan langsung meninggal seketika. Umumnya sianida akan bereaksi jika termakan sebanyak 0,5 sampai 3,5 mg di dalam tubuh.

Sedangkan 1 gram biji apel menandung sekitar 0,06 sampai 0,24 mg sianida. Sianida yang ada pada biji apel baru akan menimbulkan efek fatal jika termakan lebih dari 200 biji apel atau sekitar secangkir gelas.

Jika biji ini terkunyah hanya sedikit, tentunya tidak masalah. Jumlah kecil tersebut dapat didetoksifikasi oleh enzim yang ada di dalam tubuh Anda. Dalam jumlah kecil, tubuh mengubah sianida menjadi tiosianat yang tidak berbahaya dan bisa dikeluarkan oleh urin.

Selain itu, ternyata jumlah yang sedikit ini justru bermanfaat untuk menjaga kesehatan saraf dan sel darah merah, jika dikombinasikan dengan zat kimia lain yang dapat membentuk vitamin B12.

Tetapi, pendapat berbeda diungkapkan Agency for Toxic Substances & Disease Registry, yang dikutip situs Healthline, bahwa jumlah yang minim pun tetap berbahaya. Terkontaminasi sianida dapat menyebabkan kerusakan jantung dan otak, bahkan koma dan kematian. Jumlah pasti sianida yang akan berakibat buruk pada tubuh pun disesuaikan dengan berat badan seseorang.

Dengan pro dan kontra yang ada, akan lebih baik bila biji apel tidak dimakan. Selain untuk berhati-hati, rasanya juga pahit. Meskipun tak langsung menimbulkan efek yang berbahaya, sebaiknya membuang biji apel terlebih dahulu sebelum memakannya.

 

Referensi:

https://www.healthline.com/health/food-nutrition/are-apple-seeds-poisonous

https://id.wikipedia.org/wiki/Sianida

author
Fakultas Kedokteran Universitas Jember
Bahayakah Mandi di Malam Hari?
Bahayakah Mandi di Malam Hari?
Sejak kecil, anak-anak Indonesia sudah terpapar dengan
Baca Juga×

Top