Cara Tradisional Menghilangkan Jerawat (Tanpa Efek Samping)

Di Kesehatan Tradisional 17 views
cara tradisional menghilangkan jerawat

cara tradisional menghilangkan jerawat

Jerawat atau sering juga disebut sebagai kukul kerap kali menjadi momok bagi remaja, terutama kaum wanita.

Masa remaja menjadi masa pubertas dimana tingkat produksi hormon androgen meningkat. Hormon tersebutlah yang memicu timbulnya jerawat.

Memang benar hal tersebut terjadi secara alamiah. Hormon androgen akan memicu kelenjar sebum untuk mengeluarkan minyak, akibatnya kulit wajah akan terlihat lebih berminyak.

Berlebihanya minyak tersebut pada wajah mengakibatkan sel-sel kulit dan folikel rambut menjadi tersumbat. Jika saat itu kondisi kulit wajah dalam keadaan kotor, maka berdampak pada timbulnya jerawat.

Selain itu jerawat juga bisa timbul karena kurang cocoknya pemakain kosmetik dan terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung zat minyak atau lemak. Seperti, kacang, kedelai dan sebagaianya.

Ada beberapa cara tradisional menghilangkan jerawat. Yang jelas cara tradisional menghilangkan jerawat tidak akan menimbulkan efek samping. Berikut adalah cara-caranya :

Cara Tradisional Menghilangkan Jerawat

Setidaknya ada 2 cara tradisional menghilangkan jerawat. Anda juga bisa melakukannya sebagai bentuk perawatan pada kulit wajah. Karena cara-cara di bawah ini tidak menimbulkan efek samping.

1. Melakukan Pembersihan dan Penyegaran

Cara yang pertama ini bertujuan untuk membersihkan dan menyegarkan kulit wajah yang berjerawat.

Saat hendak tidur siapkanlah irisan tomat atau ketimun dan gosoklah secara perlahan pada area wajah terutama yang berjerawat.

Atau jika ingin lebih halus ketimun tadi bisa anda parut dan ditambahkan air sedikit. Setelah itu saring dan peras menggunkan kain tipis. Sampai akhirnya diperoleh air ketimun dari perasan tadi. Silahkan usapkan pada kulit wajah menggunakan kapas hingga merata.

Kemudian paginya, setelah bangun tidur bersihkan wajah yang telah digosok dengan air ketimun tadi menggunakan handuk hangat. Tujuannya untuk menghilangkan lemak-lemak pada kulit wajah.

Selanjutnya silahkan bilas muka menggunakan air biasa dan sabun yang cocok dengan kuliat anda.

2. Menggunakan Bedak Dingin

Cara yang kedua ini menggunakan bedak dingin sebagai masker wajah untuk menghilangkan jerawat.

Apa sih bedak dingin?

Bedak dingin merupakan masker tradisional yang dibuat dari rempah-rempah pilihan untuk merawat kuliat wajah.

Ada dua macam bentuk bedak dingin, ada yang seperti telur cicak dan ada yang masih berbentuk tepung. Anda bisa menggunakan yang mana saja sesuia dengan selera.

Untuk mendapatkan bedak dingin anda bisa membelinya di toko-toko jamu tradisional atau bisa juga dengan membuat bedak dingin sendiri.

Cara pemakaiannya :

Jika menggunakan bedak dingin yang berbentuk seperti telur cicak, ambilah 2 butir bedak dingin dan remas-remas dengan air secukupnya. Kemudian oleskan pada kulit wajah anda yang berjerawat ketika hendak tidur.

Untuk bedak dingin yang berbentuk tepung cukup dengan mencampurkannya dengan air secukupnya. Kemudian oleskan pada kulit wajah hingga merata. Setelah itu paginya, silahkan bilas menggunakan air biasa.

Saat memakai bedak dingin wajah akan terasa segar, dingin dan berbau harum karena dibuat dari rempah-rempah tradisional.

Untuk merawat kulit agar terhidar dari jerawat, anda juga harus memperhatikan aktivitas kesaharian. Rajinlah membersihkan wajah dan perhatikan juga pemakaian kosmetik serta sabun cuci muka yang anda pakai.

Itulah tadi beberapa cara tradisional menghilangkan jerawat. Anda tidak perlu kawatir karena tidak menimbulkan efek samping. Untuk hasil yang optimal lakukanlah cara-cara tadi 2-3 kali dalam seminggu.

Jangan terlalu berlebihan juga karena seberapa aman dan berkualitasnya sebuah obat jika dilakukan secara berlebihan itu juga akan menimbulkan efek yang tidak baik.

author
Penulis: 
    Cara Merawat Rambut Agar Subur dan Tidak Mudah Rontok
    Cara Merawat Rambut Agar Subur dan Tidak Mudah Rontok
    Rambut menjadi salah satu hal yang paling
    Cara Merawat Rambut Agar Tetap Hitam dan Tidak Lekas Beruban
    Cara Merawat Rambut Agar Tetap Hitam dan Tidak Lekas Beruban
    Merawat rambut di zaman modern seperti sekarang
    Kasiat Bedak Dingin dan Cara Membuatnya
    Kasiat Bedak Dingin dan Cara Membuatnya
    Sampai sekarang bedak dingin masih dijadikan andalan
    Baca Juga×

    Top