Alternatif Pencegahan Difteri, Selain Imunisasi

Di Kesehatan Masyarakat 38 views

Akhir-akhir ini penyebaran penyakit difteri di Indonesia semakin mewabah. Penyakit ini sangat mematikan dan merupakan salah satu penyakit menular, apalagi sangat mudah menyerang anak-anak yang notabene memiliki daya tahan tubuh yang masih lemah sekali. Daya tahan tubuh yang lemah pada anak menyebabkan risiko tertular atau terjangkit penyakit difteri sangat tinggi, bahkan dapat menyebabkan kematian. Hal ini bukanlah isapan jempol semata karena sudah banyak kasus yang terjadi dan berakhir tragis akibat penanganan yang kurang tepat.

Penyakit Difteri yang Berbahaya

Penyakit Difteri yang Berbahaya

Bagi orang tua tentunya selalu menginginkan kesehatan, kebahagiaan, keceriaan yang berlebih pada anaknya. Makanya selain tetap menjaga pola sehat anak, orang tua juga perlu memahami apa saja jenis penyakit yang sering menimpa anak.

Salah satunya adalah penyakit difteri yang sangat rentan sekali terhadap anak. Penyakit yang mudah sekali menyebar ini tentu saja perlu untuk diwaspadai, secara umum ada beberapa cara penyebaran dari jenis penyakit ini seperti:

  1. Terhirupnya percikan ludah dari penderita saat bersin ataupun batuk menjadi cara yang sangat mudah sekali menjadikan tertular. Ini merupakan cara yang paling umum sekali terjadi pada masyarakat.
  2. Lalu cara penularan lainnya juga dapat melalui barang yang sudah terkontaminasi langsung oleh bakteri seperti penggunaan mainan, handuk, pakaian dan masih banyak lagi hal kecil lainnya.
  3. Bisa juga dari sentuhan atau kontak langsung dengan para penderita yang mengakibatkan penularan terjadi. Umumnya cara ini sering terjadi pada daerah atau lingkungan yag memang mempunyai kepadatan penduduk yang tinggi dan kebersihan yang kurang terjaga baik.

Nah, setelah mengetahui beberapa hal di atas tentunya Anda sebagai orang tua harus paham seperti apa cara untuk menjaga anak.

Salah satu yang dapat dilakukan adalah membatasi permainan dengan selalu lebih selektif untuk memilih jenis makanan, menjaga kesehatan diri dan lingkungan serta beberapa hal lainnya. Umumnya penyakit tersebut saat menyerang bisa Anda kenali dengan beberapa tanda sebagai berikut:

  1. Demam tinggi dan sangat menggigil
  2. Sakit tenggorokan dan terjadinya suara yang serak
  3. Sulit untuk bernafas dan lemas
  4. Pilek secara umum tetapi lama-kelamaan akan mengental bahkan disertai dengan darah
  5. Pembengkakan terjadi pada leher, limfa dan beberapa bagian tubuh lainnya
  6. Ada lapisan yang menutupi pada bagian tenggorokan atau amandel, umumnya berwarna abu-abu

Demikian beberapa hal yang dapat Anda kenal sebagai tanda dari serangan penyakit difteri secara umum. Meskipun begitu, tetapi bukan berarti difteri tidak bisa dilakukan pencegahan secara langsung dari awal. Tetap saja bisa selain dengan vaksin, Anda bisa melakukan dengan beberapa cara seperti mengkonsumsi makanan sehat, menambah nutrisi tambahan, menjaga lingkungan yang bersih, menjaga kesehatan diri sendiri dan segala bentuk kebiasaan baik.

author
Penulis: 
Mencegah Vertigo dengan Memahami Penyebabnya Apa
Mencegah Vertigo dengan Memahami Penyebabnya Apa
Saat pusing kita tidak bisa beraktivitas secara
Ketahui Perbedaan Demam Berdarah dan Malaria
Ketahui Perbedaan Demam Berdarah dan Malaria
Meski sama-sama disebabkan gigitan nyamuk, demam berdarah
Pencernaan Anda Bermasalah? Inilah Pilihan Makanan yang Tepat untuk Melancarkan!
Pencernaan Anda Bermasalah? Inilah Pilihan Makanan yang Tepat untuk Melancarkan!
Membebaskan diri dengan mengonsumsi makanan sembarangan di
Memiliki Payudara Kecil, Apakah Tetap Bisa Menyusui?
Memiliki Payudara Kecil, Apakah Tetap Bisa Menyusui?
Menyusui adalah sebuah anugerah terindah bagi seorang
Baca Juga×

Top